Sabtu, 28 Oktober 2023

JIKA TUA NANTI

Tulisan ini saya buat sebagai pesan bagi diri sendiri yang mulai berangkat tua. Memang tidak ada niat pun dalam hati untuk menjadi seorang yang tua. Tapi kodrat alam menghendaki manusia menjalani fase dari lahir, bayi, anak, remaja, dewasa, danenjadi tua. Mudah mudahan tulisan ini mampu memotivasi diri agar bisa bersiap lebih awal sebelum saya betul betul menjadi tua. 
Jika tua nanti saya akan selalu menjaga kesehatan. Kesehatan fisik ataupun kesehatan jiwa. Saya akan berupaya rajin berolahraga, rajin bergerak dan selalu menjaga pola makan agar tidak gampang sakit. Orang yang sakit tentu akan merepotkan anak dan cucu. Saya tidak ingin banyak merepotkan mereka. 
Jika tua nanti saya akan berupaya memiliki penghasilan sendiri, meskipun mungkin sebagai ASN saya memiliki uang pensiun yang bisa saya Terima setiap bulan. Saya akan berusaha merintianya dari sekarang sebelum saya betul betul tua nanti. Dengan memiliki penghasilan sendiri, setiap yang saya butuhkan akan mampu saya penuhi sendiri tak harus minta bdan menunggu pemberian anak dan cucu. Toh, kebutuhan seorang tua tidak seribet orang orang dewasa. 
Jika tua nanti saya harus bergabung dengan komunitas yang positif. Komunitas itu akan b membuat hidup saya akan berwarna dan tidak terbunuh oleh rasa sepi. Banyak berkumpul dengan teman teman sebaya tentu sangat membuat semangat hidup menjadi tumbuh dan terjaga. 
Semoga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar