Rabu, 21 Juni 2023

Yang Perlu Ditanyakan Orangtua Ketika Menerima Rapor Siswa

Kalender pendidikan sekolah dasar dan menengah saat ini sudah menunjukkan pekan ujian dan kenaikan kelas alias pengambilan rapor. Pada saat saat seperti ini para siswa dan bahkan orangtua pun seperti sudah tidak sabar menantikan Nilai Rapor yang akan diumumkan oleh bapak ibu wali kelas. Namun saat menerima buku rapor nanti, alangkah bijak apabila orangtua juga menanyakan beberapa hal mengenai putra putrinya kepada wali kelas. Kegiatan ini dimaksudkan agar para orangtua paham tentang berbagai potensi dan kebutuhan anak, sehingga pada kelas atau semester berikutnya akan dapat berkolaborasi dengan guru memaksimalkan pembelajaran yang dilakukan putra putrinya. 
Mengutip dari Mommies Daily, dari tulisan Cicin Yulianti - ( detikEdu) yang diterbitkan pada Selasa, 20 Jun 2023 14:30 WIB
berikut adalah hal-hal yang perlu ditanyakan kepada guru wali kelas saat sedang mengambil buku rapor. 
Pertama, dan selalu jadi sasaran utama adalah Nilai Siswa. Inilah hal yang ditunggu-tunggu oleh wali murid pada saat pembagian buku rapor. Namun sebaiknya di samping menunggu nilai, orangtua juga perlu menanyakan ( pada wali kelas) tentang kelebihan dan kekurangan anak sampai mendapatkan bilai tersebut. Orangtua juga jangan jaim untuk mendengarkan nasehat dan saran guru untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki siswa. 
Kedua adalah Keaktifan / Partisipasi Belajar. Keaktifan anak bisa diketahui orang tua saat momen pembagian rapor. Orang tua bisa lebih mengenal sikap dan perilaku anak ketika belajar dengan cara menanyakannya kepada wali kelas.Sekali lagi diperlukan kolaborasi orangtua dengan guru, dalam hal ini wali kelasnya. Tak jarang ada anak yang terlihat aktif di rumah namun ternyata pendiam di kelas ataupun sebaliknya. Dengan mengetahui partisipasi anak selama belajar, maka orang tua bisa lebih cepat mencari jalan keluarnya.
Ketiga adalah Kemampuan Bersosialisasi. Kemampuan ini akan sangat nampak ketika anak terlibat dalam kegiatan kelompok atau mengerjakan tugas secara berkelompok. Anak yang dengan cepat membaur dengan teman kelompok biasanya akan terlihat aktif dalam kegiatan mengerjakan tugas secara ber. kelompok. Orangtua perlu menanyakan hal ini kepada guru ( wali kelas) sehingga apabila anak mengalami kesulitan beraoaialisasi maka akan segera mendapatkan penyelesaian dan orang tua sekali lagi akan mampu mencari jalan keluarnya. 
Keempat adalah Potensi di Sekolah. Selama di sekolah, wali kelas biasanya akan lebih tahu potensi murid-muridnya. Oleh karena itu, potensi anak menjadi hal yang penting ditanyakan juga oleh orang tua kepada wali kelas saat pembagian rapor. Setelah mengetahui potensi anak, orang tua bisa memberi dukungan dan memaksimalkannya.
Kelima adalah Sopan Santun / Tata Krama. Sopan santun merupakan etika yang sangat penting dimiliki oleh siswa. Orang tua bisa memastikan sopan santun sang anak selama di sekolah kepada wali kelas. Jangan sampai anak terlihat sopan di depan orang tua namun tidak sopan terhadap guru atau teman-temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar