Senin, 10 Juli 2023

URIP IKU URUP

Falsafah hidup sederhana yang disampaikan Kanjeng Sunan Kalijaga cukup membumi. Dipahami oleh sebagian besar umat manusia, terutama yang bersuku Jawa. Urip iku Urip secara harfiah diartikan bahwa Hidup itu Nyala. 
Saya pernah ada dalam jaman ketika desa belum tersentuh aliran listrik. Cahaya yang kami dapat ketika malam berasal dari lampu minyak tanah yang biasanya meninggalkan bekas hitam dalam hidung. Saat itu cahaya yang keluar dari lampu minyak tanah cukup berharga bagi kami. Cahaya sekecil apapun kami butuhkan untuk menerangi suasana yang hitam pekat. Dan ketika kemudian cahaya lampu itu kemudian padam, karena tertiup angin atau karena minyak yang habis, kami kembali lagi kebingungan dalam gelap. Tidak ada yang bisa dilakukan dalam gelap ataupun jika melakukan sesuatu dalam gelap maka hasilnya pun tidak dapat dipertanggung jawabkan. 
Seperti itulah hidup. Uripmu harus urip. Hidup kita harus nyala, harus menghadirkan cahaya. InsyaAllah dengan memberikan cahaya, maka hidup kita akan bermanfaat bagi manusia, makhluk hidup dan alam sekitar kita. Artinya dalam hidup kita tidak boleh egois ( mementingkan diri sendiri), tapi lebih bijaksana apabila kita berpikir untuk memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. Tidak salah memang kita memiliki rasa egois, tetapi alangkah bijak rasa egois itu ditempatkan dalam prosentase lebih kecil dibandingkan rasa ingin bermanfaat bagi orang lain. 
Menjadi bermanfaat bagi orang lain ternyata tidak hanya mendatangkan kebahagiaan bagi orang lain, tetapi juga akan memberikan kebahagiaan  bagi diri sendiri. Sudah menjadi kodrat jika kita berbuat baik pada orang lain, maka kebaikan tersebut juga akan membias ke diri kita sendiri. Dunia mengenal hukum timbal balik entah apa saja istilahnya. 
Kenyataan ini semoga membuat kita bersemangat untuk selalu memberikan manfaat kepada orang lain. Kemanfaatan yang harus dimulai dari diri kita sendiri, dimulai saat ini juga dan dimulai dengan melakukan hal hal kecil. Sekecil apapun kemanfaatan yang kita perbuat tentu akan memberikan dampak yang besar dalam kehidupan. Sebut saja contoh menyingkirkan diri tajam yang ada di jalan raya. Tindakan yang kecil namun dampaknya luar biasa dan yang menikmati kemanfaatan itu adalah banyak orang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar